Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum SD


1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….

   Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran

   Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu

   Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa

   Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah


2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah      dilakukan melalui….

    Survei karakter

    Survei lingkungan belajar

    Asesmen Kompetensi Minimum

    Survei kualitas sekolah


3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei                 karakter memiliki tujuan utama yaitu….

    Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa

    Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila

    Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

    Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas                 sekolah


4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….

Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir

Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari

Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel

Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring


5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….

Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal

Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama

Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian

Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya


6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….

Teks informasi dan teks fiksi

Teks prosedur dan teks prosedur kompleks

Teks observasi dan teks deskripsi

Teks wacana dan teks argumentasi


7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….

Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun

Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah

Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa

Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa


8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?

Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana

Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif

Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari

Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam


9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?

Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu

Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya

Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi

Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan


10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….

Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa

Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)

Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran

Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten


11. Perhatikan komponen berikut:

(a)  Konten

(b)  Proses kognitif

(c)   Proses non kognitif

(d)  Konteks

Manakah yang mencakup tiga komponen penilaian asesmen literasi membaca?

(a), (b), (c)

(a), (b), (d)

(a), (c), (d)

(b), (c), (d)


12. Guru Anwar memberikan soal teks bacaan sederhana pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Anwar?

Menemukan informasi tersurat

Membandingkan hal-hal utama dalam teks

Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks

Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita


13. Pada soal-soal literasi yang diberikan, Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru Rani membuat pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi komodo lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Rani?

Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks

Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita

Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks


14. Guru Aziz meminta siswa untuk memilih setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan. Kompetensi apakah yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain

Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra

Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks

Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik pada teks


15. Pada asesmen numerasi tingkat SD, hal yang akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level pembelajaran 2 yaitu….

Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran

Mengenal limas kerucut dan bola

Mengenal prisma dan tabung

Mengenal balok dan kubus


16. Menyelesaikan soal mengenai persamaan linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi yaitu….

Bilangan

Geometri dan pengukuran

Aljabar

Data dan ketidakpastian


17. Asesmen literasi membaca tingkat SD dilaksanakan dalam….

1 level pembelajaran

2 level pembelajaran

3 level pembelajaran

4 level pembelajaran


18. Analisis soal berikut dan temukan manakah yang termasuk dalam soal Asesmen Kompetensi Minimum!

Andi memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan maka beratnya menjadi …. kilogram.

Perhatikan kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel? 

KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….

Diketahui sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?


19. Bagaimana dampak Asesmen Kompetensi Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak ada Ujian Nasional sebelumnya?

Asesmen Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi beban tambahan

Asesmen Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD/MI untuk memasuki jenjang SMP/MTS

Asesmen Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai pencapaian siswa

Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses


20. Pada tingkat SD asesmen literasi maupun numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang menunjukkan penjelasan yang tepat mengenai setiap level tersebut?

Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.

Pada level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.

Pada level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.

Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.


21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….

Berpusat pada materi pembelajaran

Belajar untuk cakupan materi

Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan

Berorientasi pada nilai akhir


22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:

Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep

Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa

Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai

Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi 

Berorientasi pada nilai akhir

Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks 


Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?

1), 3), 5)

2), 4), 5)

3), 5), 6)

1), 4), 6)


23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

Perlu intervensi khusus

Dasar

Cakap

Mahir


24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

Perlu intervensi khusus

Dasar

Cakap

Mahir


25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?

Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum

Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan

Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas

Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah


26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….

Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan

Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan

Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan

Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya


27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?

Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa

Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain

Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen

Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa


28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk….

Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika

Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik

Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika


29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?

Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi

Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi

Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM

Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa


30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM  dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai akhir berupa nilai

Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan


Lebih lengkap dan detail silahkan klik tautan di bawah ini 

https://drive.google.com/file/d/1v38k2_jmSgqpDNRfuL-2RUKpEC_YmVYY/view?usp=sharing


Posting Komentar

0 Komentar